PLN Batam Minta Pengembang dan Developer Mau Bekerja Sama

BATAMCLICK.COM: Bright PLN Batam terus meningkatkan mutu pelayanannya terhadap masyarakat. Salah satunya dengan berupaya agar para pelanggannya dapat menikmati aliran listrik yang maksimal dan terhindar dari byar pet, selain dari imbas perawatan mesin dan peralatan.

”Perawatan itu ada yang sifatnya preventive maintenance yaitu mencegah terjadinya kerusakan dan corrective maintenance yaitu memperbaiki kerusakan. Saat ini Bright PLN Batam memiliki 1300 gardu dan setiap gardu memiliki satu buah trafo dan setiap gardu kita lakukan pemeliharaan dua kali dalam satu tahun,” kata Maneger Of Public Relation Brght PLN Batam, Bukti Panggabean saat ditemui di kantor Brght PLN Batam, Batam Centre, Batam Senin (19/3/2018).

Menurut Bukti, yang didampingi oleh Communication & External Relation Humas Bright PLN, Yoga Perdana Sulistama, satu gardu memiliki daya ribuan ampre dan untuk seluruh kota Batam memiliki 413 penjulang atau jalur.

Ia menyebutkan Bright PLN Batam telah mengganti sebagian saluran tegangan tinggi menjadi Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM), hal ini dilakukan untuk meminalisir terjadinya gangguan.

Kendati demikian, Bukti tidak memungkiri gangguan listrik bisa saja terjadi diantaranya gangguan dari alam seperti jaringan kabel ditimpa pohon yang tumbang bisa disebabkan kencangnya angin dan disambar petir, atau gangguan yang disebabkan adanya pekerjaan kontruksi yang kerap menggunakan alat berat eksavator saat melakukan galian sehingga jaringan kabel milik Bright PLN Batam terganggu.

“Kami mengharapkan agar setiap pengembang atau developer supaya selalu berkoordinasi dengan Bright PLN Batam saat akan melakukan pekerjaan galian atau pekerjaan kontruksi supaya selalu didampingi pegawai Bright PLN Batam,” himbaunya.

Terkait jumlah gardu, menurut Bukti, beberapa daerah kecamatan perlu dilakukan penambahan gardu lantaran telah over kapasitas pelanggan seperti di daerah Batu Aji, Sekupang, Bengkong

“Untuk daerah yang over kapasitas Bright PLN Batam akan menambah gardu yang lengkap,” tegasnya.
Sementara di daerah Nongsa untuk kebutuhan arus yang telah over kapasitas pelanggan, lanjut Bukti, Bright PLN Batam sedang membangun transmisi .

“Jadi saat ini sudah 99 persen arus listrik Bright PLN Batam terakomodir untuk seluruh pelosok Kota Batam ,” ujarnya.

Bright PLN Batam saat ini menggunakan pembangkit listrik dengan tenaga uap namun masih memiliki pembangkit listrik tenaga diesel menggunakan minyak solar.

“Jadi jika ada gangguan maka Bright PLN Batam akan mengalihkannya ke mesin pembangkit listrik tenaga diesel setelah gangguan itu dapat ditangan atau diperbaiki mesinya diganti dengan pembangkit tenaga uap,” jelasnya.

Info Pemeliharaan

Sepeti publis Facebook Bright PLN Batam, saat ini Selasa 20 Maret 2018 akan dilaksanakan pekerjaan pemeliharaan aset milik Bright PLN Batam. Pekerjaan yang dilaksanakan sifatnya preventive maintenance yaitu mencegah terjadinya kerusakan dan corrective maintenance yakni memperbaiki kerusakan dan pemeliharaan tersebut rutin dilakukan di semua gardu, jaringan serta transmisi untuk menjaga serta meningkatkan keandalan kelistrikan di Batam.

Pemeliharaan akan mengakibatkan padam di sisi pelanggan sesuai dengan durasi pekerjaan tersebut. Pemadaman residensial dilakukan demi keamanan pekerjaan dan petugas Bright PLN Batam.

Sehubungan dengan adanya Pemeliharaan Distribusi Gardu Yantek, dengan ini diinformasikan jadwal Pemeliharaan aliran listrik sementara secara terbatas, pada:
Hari, Tanggal : Selasa, 20 Maret 2018
Pukul : 09.00 – 12.00 WIB
Lokasi Padam : Perumnas Tanjung Piayu, Perumahan Bukit Ayu, Perum Griya Piayu Asri, Perumahan Permata Asri, Ruko Batavia, Batu Aji Residance, Perum Taman Teratai dan sekitarnya.

Hari, Tanggal : Selasa, 20 Maret 2018
Pukul : 14.00 – 17.00 WIB
Lokasi Padam : Griya Batuaji Asri 1, Griya Batuaji Asri 2, Artha / Griya Batuaji Asri 3, Mutiara Hijau, Perumahan Jeni Putra / Puri Agung 1, Perum Puri Agung 2, Perumahan Puri Agung 3 dan sekitarnya.(elin)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai