Empat Startup Indonesia dikirim Telkomsel ke Amerika Serikat


BATAMCLICK.COM
– Empat pengembang perusahaan rintisan (startup) pemenang kompetisi The NextDev 2017 Telkomsel dikirim ke Silicon Valley, bagian dari San Francisco Bay Area di California, Amerika Serikat, yang merupakan rumah bagi banyak perusahaan teknologi rintisan dan global termasuk perusahaan terkemuka seperti Apple, Facebook dan Google.

“Kunjungan selama 11-20 Februari 2018 ke Silicon Valley, yang merupakan kiblat startup dunia, memungkinkan para peserta belajar secara langsung berbagai tren teknologi dan pengetahuan terkini dari perusahaan dan startup teknologi terkemuka,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati dalam siaran pers perusahaan, Minggu (18/2).

 iklan

Adita mengatakan kunjungan tersebut merupakan bagian dari hadiah 7M (Market Access, Marketing, Mentoring, Management Trip, Money, Monetizing dan Match Expert) yang diberikan kepada pengembang aplikasi Karapan, CekMata, Squline dan Marlin Booking selaku pemenang The NextDev 2017.

Karapan adalah aplikasi platform perniagaan elektronik bidang peternakan yang menyediakan produk daging berkualitas yang dijamin kehalalannya dari peternak lokal; dan Cekmata adalah aplikasi berbasis pembelajaran mesin yang dapat mendeteksi katarak dini atau akut pada mata.

Sementara Squline merupakan aplikasi pendidikan berbasis website yang menawarkan jasa guru asing profesional; dan Marlin Booking adalah aplikasi yang mempermudah pemesanan tiket kapal feri secara daring.

Para pengembang aplikasi itu juga mengikuti Startup Grind Global Conference 2018 di Fox Theatre, Redwood City, yang menghadirkan beragam pembicara soal tren dan inovasi terkini di dunia digital.

“Startup ini juga serta berkesempatan mendemonstrasikan masing-masing aplikasi digital yang mereka kembangkan kepada mahasiswa di UC Berkeley, di salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat,” ujar Adita.

Selanjutnya, mereka mengikuti immersion program di Silicon Valley Innovation Centre (SVIC), mengunjungi startup dan venture capital serta mengikuti rangkaian pelatihan dengan beragam tema berkenaan dengan pengembangan dan pengelolaan usaha digital.

Pengembang Marlin Booking juga diajak belajar lebih banyak dalam kunjungan ke kantor-kantor perusahaan teknologi di Silicon Valley, seperti Google, Airbnb, dan Adobe, serta kantor pusat Uber serta Waze.

Sementara pengembang Squline berkesempatan balajar ke Equally dan Art in Action; pengembang CekMata mengunjungi Omada Health dan LabDoor; dan pengembang Karapan berkunjung ke BovControl dan Edyn.