TNI AL Gagalkan Penyelundupan Rokok FTZ di Lingga

BATAMCLICK.COM : Sebanyak 16 kotak berisi rokok diamankan aparat keamanan TNI Angkatan Laut Dabo Singkep, Rabu(14/2) siang di sekitar Pulau Pandan, kabupaten Lingga.

Danlanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr. Hanla mengatakan dari 16 kotak tersebut, diketahui terdapat 816 slop rokok non cukai atau rokok khusus kawasan Free Trade Zone (FTZ).

 iklan

Ia juga mengatakan tertangkapnya, rokok kawasan bebas tersebut berasal dari informasi masyarakat bahwa akan adanya penyelundupan rokok di perairan Lingga.

Oleh karena itu, Patkamla Jajaran Lanal Dabo Singkep digerakkan untuk melaksanakan Patroli sesuai sektor masing-masing.

“Hasil pengintaian kami membuahkan hasil dengan ditemukannya barang ilegal tersebut di Pulau Pandan dinihari tadi,” jelasnya.

Barang tersebut pun langsung dibawa ke Mako Lanal Dabo Singkep melalui Pelabuhan Jagoh.

“Dugaan sementara, ini merupakan modus baru penyelundupan rokok FTZ ke daerah penyangga,” terangnya.

Namun, Lanal Dabo Singkep akan terus melakukan patroli sesuai instruksi Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M.

Patroli tersebut guna mensikapi maraknya penyelundupan barang-barang kawasan  FTZ seperti rokok, minuman keras, handphone dan barang ilegal lain yang berasal dari daerah Batam dan sekitarnya dengan tujuan pengiriman ke luar kawasan FTZ seperti Lingga, Jambi, Pekanbaru, Jakarta dan daerah lainnya. (*)