Lihat Orang Ngamuk Bakar-bakar Ban, Gubernur : Orang Kepri tak Macam tu…

BATAMCLICK.COM: Setelah penetapan nomor urut terhadap dua pasang calon yang akan bertarung di pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, Selasa (14/2/2018) pagi tadi, Polresta Tanjungpinang, menggelar Deklarasi Damai Pasangn Calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, serta Tactical Floor Game dan Simulasi Sispamkota.

Dalam kegiatan tersebut, pasangan Calon Walikota dan calon Wakil Walikota Tanjungpinang Syahrul – Rahma dan Pasangan Calon Lis Darmansyah – Maya Suryanti memberikan pernyataan Deklarasi Damai dalam pelaksanakan Pilkada Tanjungpinang 2018.

Gubernur Kepulauan Riau, DR H Nurdin Basirun, yang hadir dalam acara tersebut yakin kalau pelaksanaan Pilkada Tanjungpinang akan berjalan damai dan lancar.

“Masyarakat Kepri santun-santun, Insya Allah tak ada keributan, apalagi sampai demo bakar-bakar, karena itu bukan ciri budaya masyarakat Kepri,” ungkap orang nomor satu di provinsi ini.

Sebelumnya, memang disugukan simulasi antisipasi dan penanganan huru-hara jika hal tersebut terjadi, saat pelaksanaan Pilkada.

Simulasi yang melibatkan 320 personil Polresta Tanjungpinang, 60 personil Sat Sabara Polda Kepri, 90 personil Sat Brimob Polda Kepri serta 500 masyarakat umum itu, menjadi tontonan yang menarik bagi para peserta deklarasi dan masyarakat.

“Pilkada inikan sebagai sarana Silatutarahmi Akbar, bukan malah melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan budaya Masyarakat Kepri. Pilkada menjadi tolak ukur keberhasilan kita membangun demokrasi Kepri ini. Saya yakin damai dan lancar,” katanya.

Sementara itu, Wakapolda Kepri, Brigadir Jenderal Polisi Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH meyampaikan bahwa Polri menjamin Netralitas dalam Pilkada, akan ada hukuman bagi anggota yang terbukti ikut andil dalam kegiatan politik.

“Polisi pasti nertral, kita tidak mentolelir jika nanti ada anggota polisi yang kedapatan berpihak,” tegas jendral bintang satu ini.

Untuk pengamanan, Yan Fitri juga mengatakan, Polda Kepri telah mengirimkan bantuan personel dan sarana prasarana ke Polres Tanjungpinang, serta TNI juga akan siap membantu jika dibutuhkan.

“Kita berharap, seluruh elemen Masyarakat Kepri berpartisipasi dalam mewujudkan Pilkada damai ini tutup Wakapolda.(ril)