Pembangunan Infrastruktur Pacu Pertumbuhan Ekonomi

 

 

 iklan

BATAMPRO.id – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan pembangunan infrastruktur adalah upaya memperkuat landasan bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi. Pembangunan infrastruktur dapat menjadi pemicu dan pemacu pertumbuhan ekonomi.

“Saya selaku Gubernur sangat mendukung apa yang telah dilakukan oleh Wali Kota Batam dalam pembangunan infrastruktur berupa pelebaran jalan yang ada di Kota Batam. Jalan yang lebar dan tanpa macet merupakan salah satu faktor kunci untuk peningkatan perekonomian,” ujar Nurdin bersama Wali Kota Batam HM Rudi saat meninjau beberapa proyek peningkatan ruas jalan di Kota Batam, Sabtu (10/02/2018).

Menurut Nurdin, perbaikan dan peningkatan infrastruktur pada umumnya dapat mempercepat mobilitas penduduk, terciptanya efisiensi biaya, waktu, dan tenaga. Ketersediaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pemerintahan, perekonomian, industri serta menjadi daya tarik bagi para calon investor untuk berinvestasi di daerah.

Gubernur dan Walikota yang sebelumnya bertemu dan berdiskusi terlebih dahulu di Batam Center, langsung melakukan peninjauan rencana pelebaran jalan di Depan Morning Bakery Sungai Panas, Batam.

Mengenakan baju biru dan celana jeans biru dengan sepatu pantofel, Nurdin bersama Rudi menyusuri pohon-pohon disekitaran lokasi. Sesekali Gubernur melihat gambar rencana pengerjaan dan memberikan masukan.

Setelah 15 menit di Seipanas, Nurdin menggunakan mobil bersama Rudi berpindah lokasi ke Tanjungpiayu untuk meninjau proyek pelebaran jalan dan parit. Selanjutnya menuju ke pancur untuk meninjau normalisasi parit yang dikerjakan oleh BWSS.

Nurdin menyebutkan, pada tahun ini Provinsi Kepri akan melakukan 5 proyek peningkatan lajur jalan di Batam, di antaranya peningkatan jalan simpang Calista-Underpass, proyek simpang KDA-Batam Center, proyek jalan Punggur, proyek jalan Kampung Tua Tanjunguma dan proyek pembangunan jalan Dapur 12. Untuk kelengkapan fasilitas di jalan seperti trotoar , lampu dan taman, Gubernur maupun Walikota sepakat untuk menyelesaikan bersama sama.

“Kita saling sinergi bersama dengan Pak Wali Kota. Dengan saling kerjasama pekerjaan kita cepat selesai,” kata Nurdin.

Di Pancur, Seibeduk, Gubernur sempat mendengarkan keluhan warga mengenai banjir yang sering melanda daerah tersebut. Menurut salah satu warga Suparman, daerah ini memang langganan jika hujan turun bahkan bisa sepinggang orang dewasa. Tapi sejak ada normalisasi parit ini, Alhamdulillah sedikit berkurang.

Nurdin yang mendengarkan keluhan warga, menceritakan bahwa saat ini Pempro, Pemko Batam, dan BWS wilayah IV Sumatera saat ini telah berusaha untuk melebarkan dan menormalisasi parit, yang ada agar bisa menampung debit air yang banyak ketika hujan turun. Namun juga perlu kerjasama dan kesadaran masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan yang bisa menghambat aliran air.

Di akhir peninjauan Gubernur masih bersama Walikota Batam menuju ke Sagulung melanjutkan peninjauan pembangunan Masjid Agung Batam.(bos)