Cegah Peredaran Narkoba, Yudi Kurnain: Dibutuhan Penambahan Pasukan

BATAMCLICK.COM : Keberhasilan dan kesuksesan pengungkapan sabu-sabu sebanyak 1 Ton yang diselundupkan oleh MV Sunrise Glory berbendera Singapura, tidak hanya berdasarkan kecurigaan dan koordinasi yang bagus dari aparat keamanan.

Namun juga berkat kegigihan dari anjing pelacak yang ditugaskan oleh Dirjan Bea dan Cukai dalam mengungkapkan itu semua. Kok bisa?

 iklan

Mengingat, meski petugas telah mencurigai adanya indikasi narkoba dalam kapal tersebut. Tapi saat mencari keberadaan benda tersebut terhalang oleh berbagai kendala.

Akan tetapi, begitu mendatangkan empat ekor anjing pelacak dan melakukan penciuman, akhirnya petugas menemukan adanya 1 ton sabu-sabu yang disembunyikan dalam kapal tersebut.

Hal ini pun menginspirasi Yudi Kurnain, Anggota DPRD Batam untuk meminta aparat keamanan maupun Pemerintah Daerah, untuk menyiapkan personel khusus berkaki empat ini, untuk ditempatkan di lokasi yang kerap dilalui barang dan orang.

“Maaf sebelumnya, dan perlu disadari juga indra penciuman Andro (anjing pelacak) ini, sangat baik dalam hal mendeteksi barang-barang yang dianggap berbahaya. Seperti Bom dan Narkoba. Dan tentunya mereka akan diberikan pelatihan terlebih dahulu,” jelasnya, Senin (12/2).

Mengingat Batam dan khususnya Provinsi Kepri masuk dalam jalur peredaran narkoba, tambahnya, alangkah baiknya adanya penambahan personel khusus ini dan ditempatkan di kawasan Pelabuhahan, Bandara hingga tempat tertentu.

“Saat ini, yang memiliki personel K9 ini kan baru di Kepolisian, Bea Cukai dan institusi lainnya. Untuk itu, saya mengimbau kepada Pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi untuk bisa mewadahi keperluan ini. Mengingat kita tidak ingin narkoba ini beredar dan pada akhirnya merusak generasi muda,” jelasnya.

Ia juga menegaskan kenapa penambahan ini sangat perlu, pria yang mekiliki rambut dikuncir ini mengatakan keberhasilan para Andro ini sudah dibuktikan di beberapa negara.

Baik di kawasan objek-objek penting, pelabuhan, bandara hingga ikut serta dalam medan pertempuran di Timur tengah untuk mendeteksi adanya bom.

“Saya kira, kita perlu adanya pasukan khusus ini. Saya tidak ingin peredaran narkoba seenaknya aja merusak generasi muda,” jelasnya.(*)