Ribuan Pangan Ilegal Diamankan Balai POM Batam di Bandara Hang Nadim

BATAMCLICK.COM : Balai Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Batam melakukan penertiban sejumlah produk pangan ilegal yang dijual di sejumlah gerai di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Rabu (7/2) lalu.

Tindakan tersebut sengaja dilakukan oleh petugas gabungan setelah beberapa bulan sebelumnya, telah dilakukan sosialisasi dan surat edaran terkait himbauan larangan untuk menjual pangan ilegal atau tidak ada izin edar dari Balai POM sejak November 2017 silam.

Alex Sander, Kepala Balai POM di Batam saat dihubungi awak media, Jumat (9/2) siang membenarkan adanya penertiban tersebut oleh pihaknya. Dari aksi tersebut, ribuan makan dan minuman diambil paksa dari empat toko.

“Tindakan penertiban tersebut terpaksa dilakukan setelah kita imbau mereka untuk tidak menjual barang-barang tersebut. Namun karen masih menjual, terpaksa kita tertibkan. Jumlahnya ada ribuan item yang kita amankan,” jelas Alex.

Dari empat toko tersebut, tambahnya, dua diantaranya menjual minuman berakohol dengan golongan b hingga c dari dua toko. Sementara di dua toko lainya ada sejumlah makanan dan minuman ringan seperti Milo, Kitkat hingga coklat dari luar negeri.

“Ribuan Produk tersebut, langsung kita amankan. Dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pemilik hingga staf toko,” tambahnya.

Akibat perbuatan tersebut, Balai POM di Batam menjerat mereka dengan pasal 142 Undang-undang nomor 18 tahun 2012 tenatng pangan dengan ancaman hukuman 2 tahun penjara atau denda hingga Rp4 Miliar.

Sementara itu, berdasarkan pentauan di lapangan sejumlah toko yang menjual produk yang sama terlihat melakukan penutupan usahanya sejak beberapa hari. Seperti yang terlihat du kawasan Penuin, Jodoh dan Nagoya. (Iman Suryanto)

Mungkin Anda juga menyukai