Fenomena Angin Utara Sebabkan Gelombang Perairan Kepri Capai 5 Meter

BATAMCLICK.COM : Fenomena angin utara di awal bulan Februari 2018, membuat peningkatan gelombang dan arus laut di Provinsi Kepri hingga 5 meter.

Pelaksana Lanjutan Stasiun Meteorologi Klas I Hang Nadim, Batam, Nizam Mawardi saat dihubungi awak media mengatakan kondisi ini terjadi beberapa wilayah di Kepri. Diantaranya Laut Cina Selatan, Laut Natuna, perairan Batam, Bintan, dan Lingga.

“Kondisi ini membuat pengguna jasa pelayaran untuk berhati-hati dalam melakukan aktivitasnya. Mengingat siklus ini membuat peningkatan gelombang laut yang tidak bersahabat ,” jelasnya.

Nizam juga menjelaskan, fenomena angin utara ini menyebabkan tinggi gelombang di laut Kepulauan Natuna dari biasanya mencapai lima meter.

Peningkatan juga terjadi di wilayah perairan Batam, Bintan, dan Lingga, yang ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter, padahal dalam kondisi normal tinggi gelombang hanga mencapai satu meter di wilayah ini.

Sebagaimana diketahui, fenomena angin utara merupakan satu dari empat siklus cuaca di Kepri berdasarkan arah tiupan angin. (Iman Suryanto)

Mungkin Anda juga menyukai