MANTAP! Karimun Jadi Lumbung Beras Kepri

BATAMCLICK.COM: Hari yang dinanti-nanti para petani di Desa Teluk Radang, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, akhirnya tiba. Senyum sumringah terpancar dari wajah mereka. Gembira, bertambah ketika rombongan Bupati Karimun H Aunur Rafiq dan para kepala dinas pun tiba.

Ya, hari itu Senin (15/1/18) para petani panen perdana dan mendapat bantuan mesin Rice Miling Unit (RMU) atau bahasa keremnya mesin penggiling padi dari Pemkab Karimun.

RMU ini terdiri dari dua unit, yakni mesin penyosoh padi dan mesin pemecah kulit padi.

Keduameain ini pun langsung diuji coba oleh Bupati Karimun. Namun sebelum itu, Aunur dan Kadis Pangan dan Pertanian, M. Affan. Kadis Perikanan, Ruffindy Alamsyah. Kadis Perdagangan, Koperasi, UKM, dan ESDM M. Yosli. Kabag Humas, Eko Riswanto, Camat Kundur Utara, Ery Novaljadinata,terlenih dahulu terjun ke sawan dan memanen padi yang sudah menguning.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Pertanian, M Affan mengatakan secara umum uji coba berhasil dengan baik.

“Memang masih ada kekurangan sedikit dari hasil panen kita kali ini, padi kita masih sedikit tinggi kadar airnya,” ungkap Affan.

Sementara Bupati Karimun, H Aunur Rafiq meminta kepada Dinas Pertanian dan Pangan agar dilakukan secara optimal, sehingga petani di Teluk Radang mampu menghasilkan beras yang baik.

“Saya minta kedepannya agar petani di teluk radang bisa menghasilkan beras dengan brand ataupun kemasan atas nama sendiri, Dinas Pertanian dalam hal ini harus melakukan pengawasan dan pendalaman terus menerus, jangan sampai para petani di biarkan berjalan sendiri,” tegas Rafiq.

Selain itu, Rafiq juga meminta kepada OPD yang lain agar dapat membantu apa yang sesuai dengan tugas dan masuk dalam programnya. Seperti dinas Perindustrian dan perdagangan nantinya dapat membantu memasarkan beras lokal ini. Namun penekanan agar keberhasilan para petani berada di dinas Pertanian.

“Saya minta kepada OPD terkait khususnya Kepala Dinas pertanian agar membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi petani. Saya juga meminta kepada petani agar bisa memulai masa tanam secara bersamaan pada bulan juli ataupun menyesuaikan. Agar panennya bisa bersamaan, sehingga dapat menghasilkan beras dalam jumlah yang banyak saat panen nanti,” tambah Rafiq.(mitha)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai