Hore… Pemkab Karumun Gratiskan Rontgen untuk Penderita TB

BATAMCLICK.COM: Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Kesehatan, terus melakukan perbaikan-perbaikan dan kemudahan-kemudahan bagi masyarakat yang berobat pada fasilitas kesehatan pemerintah, mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah.

Salah satu kemudahan yang diberikan oleh Dinas Kesehatan yakni dihapuskannya, biaya rontgen (foto) bagi para penderita TB.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi, kepada batamclick.com, si sela-sela acara penyusunan rencana kerja SSR TB-HIV Care Aisyiyah Karimun.

“Untuk biaya pemeriksaan dahak suspek TB nanti akan dibicarakan, mungkin salah satunya dengan cara menerbitkan surat keterangan tidak mampu atau dimasukkan dalam peserta BPJS,” kata Rachmadi kepada Lendoot.com.

Menurut Rachmadi, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapat jaminan kesehatan, khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

“Tapi bagi yang mampu kita harapkan mereka secara mandiri mau mendaftarkan diri ke BPJS,” ucap Rachmadi.

Sementara dari data yang diperoleh Lendoot.com, sampai saat ini, untuk biaya Rontgen bagi terduga TB yang melakukan pemeriksaan labor ke Puskesmas di Kabupaten Karimun biayanya masih dibebankan kepada pasien, sementara banyak dari penderita merupakan masyarakat tidak mampu.

Seperti di Puskesmas Tanjungbalai Karimun, menurut sebagian kader TB Aisyiyah Karimun yang membawa pasien umum untuk pemeriksaan dahak ke labor dikenakan biaya Rp 42.000. Harga tersebut juga dikatakannya bisa berbeda dengan puskesmas lainnya.(mita)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai