Ayo, Selfie-selfi di KRI Bima Suci!

KRI Bima Suci menuju Batam. F-Wikipedia

BATAMCLICK.COM: Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan 64 saat ini sedang menuju Batam. KRI yang panjangnya 111 meter ini bertolak dari Sabang, Aceh, Senin (4/12/2017) akan tiba di Batam, Kamis (7/12/2017). KRI Bima Suci-945 ini akan bersandar di Pelabuhan Batuampar, Batam hingga 9 Desember 2017.

KRI Bima Suci merupakan kapal layar latih bagi taruna/kadet pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci yang sudah beroperasi sejak 1953.

 iklan

Selama di Batam, dipastikan kapal kayu yang indah ini akan menjadi perhatian warga Batam. KRI Bima Suci-945 ini lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, serta memiliki tinggi tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas.

Uniknya, kapal kelas bark tiga tiang ini punya 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Meski dibagun dari kayu, namun KRI Bima Suci punya keistimewaan dengan memiliki instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar hingga alat komunikasi dan data digitalnya.

Pendahulunya, KRI Dewa Ruci seluruhnya berbahan kayu, namun penerusnya KRI Bima Suci berbahan besi dan hanya deknya saja yang berbahan kayu. KRI terbaru ini mampu menyimpan logistik untuk keperluan hingga 35 hari. Bahan bakar bertahan untuk 15 hari. Namun jangan lupa, sejatinya KRI Bima Suci adalah kapal layar yang bergantung pada angin sebagai daya dorong.

Kini Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji yang sebelumnya menjabat Komandan KRI Dewaruci telah dikukuhkan sebagai komandan pertama KRI Bima Suci, sekaligus menjadi Komandan Satgas Penyeberangan dan KJK 2017 keliling tanah air, dengan membawa 119 taruna AAL.

Anda ingin menyaksikan indah dan megahnya KRI Bima Suci, ayo kunjungi Pelabuhan Batuampar dari 7 hingga 9 Desember ini!. (ami/berbagaisumber)