Pemkab Berikan Mobil Jenazah, Fardlu Kifayah di Baran Barat jadi Lancar

BATAMCLICK.COM: Penyelenggaraan jenazah seyogyanya harus dilaksanakan sesegera mungkin. Namun karena keterbatasan satu dan lain hal, kerap kali fardlu kifayah itu, tertunda hingga berjam-jam.

Hal ini sangat sering dialami oleh Masyarakay Kelurahan Baran Barat, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun. Pasalnya, di kelurahan tersebut, hanya ada satu unit mobil jenazah milik Kecamatan Meral.

 iklan

Nah, sejak Senin (4/12/2017) kemarin. Keterlambatan penyelenggaraan jenazah khususnya disebabkan oleh faktor transportasi atau mobil jenazah, tidak akan terjadi lagi.

Karena, warga Kelurahan Baran Barat kini telah memiliki mobil jenazah sendiri, pemberian dari Pemerintah Kabupaten Karimun.

Penyerahan mobil jenazah itu dilakukan oleh Ketua Fraksi PKB DPRD Karimun, Nyimas Novi Ujiani kepada Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Baran Barat, Assalam Rasyid.

Nyimas Novi Ujiani mengatakan, bantuan tersebut sudah diusulkan oleh LPM sejak 2015, namun dikarenakan pemerintah daerah tengah mengalami defisit anggaran akhirnya tertunda dan baru dapat direalisasikan pada APBD Perubahan Karimun 2017.

“Tahun 2016 kondisi keuangan daerah belum juga membaik, tahun 2017 ini kami usulkan lagi, sehingga baru terealisasi pada APBD perubahan ini. Anggarannya dari belanja daerah dana aspirasi,” kata Nyimas Novi Ujiani.

Nyimas berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. Mengingat di kelurahan Baran Barat saat ini ada dua TPU.

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Baran Barat Assalam Rasyid mengatakan bahwa selama ini masyarakat yang tertimpa musibah atau yang meninggal dunia diantarakan ke pemakaman menggunakan mobil bantuan ambulan dari Kecamatan.

“Namun kerap antri dan datang ke lokasi musibah cukup lama, karena terpaksa mengantri maka masyarakat terpaksa mengadu ke DPRD Karimun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobil jenazah,” katanya.

Ia juga menyebut, bantuan ini tidak hanya untuk satu golongan, agama atau kelompok. Melainkan bagi semua masyarakat tanpa terkecuali.

“Jadi bagi warga yang membutuhkan dapat menghubungi saya di nomor 081365498026,” ucapnya.(mita)