LANGKA! Cukuran Bayi Massal hanya Ada di Karimun

BATAMCLICK.COM: Kalau nikah massal sudah sering dilakukan, apalagi khitanan massa, teramat sering, nah, kalau cukuran rambut bayi secara massal yang diiringi dengan Berzanzi dan Marhaban, itu baru langka, dan hanya ada di Kabupaten Karimun.

Ya, dalam menyemarakkan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Pemerintah Kabupaten Karimun menggelar cukur rambut atau kerap disebut sebagai Sariful Anam kepada 150 bayi se-Kabupaten Karimun, Jumat (1/12/2017) pagi.

Acara yang digelar di halaman rumah dinas Bupati Karimun ini terselenggara Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Kabupaten Karimun.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, Sariful Anam merupakan tradisi Melayu yang telah ada di Kabupaten Karimun sejak lama. Dan ini, katanya, dilakanakan setiap perngatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Dengan tujuan agar bayi yang merupakan generasi penerus menjadi anak yang soleh dan solehah, insan yang Qurani serta bertakwa,” kata Rafiq.

Rafiq juga menyebut, ajang cukur rambut massal ini sebagai ajang untuk memperkenalkan tradisi Melayu kepada wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Plt Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun, Zamri menjelaskan, cukur rambut massal ini diikuti bayi dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun.

“Setiap Kecamatan mengikutsertakan 10 bayi, sisanya dari Kabupaten,” jelas Zamri.(mita)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai