Alhamdulillah tak ada Lagi Pemadaman di Karimun

BATAMCLICK.COM: Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan tambahan 17 unit mesin pembangkit bermesin diesel berkapasitas 1.000 kilowatt (KW) per unit ke Kabupaten Karimun. Dengan adanya tambahan 17.000 kilowatt kebutuhan listrik di Karimun dipastikan dapat teratasi.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Manajer SDM & Umum PLN Wilayah Riau dan Kepri, Dwi Suryo Abdullah, saat mendatangkan mesin baru yang akan ditempatkan di power house yakni PLTD Bukit Carok, Jumat (6/10/2017) pagi.

 iklan

Menurut Suryo, penambahan mesin pembangkit baru ini sebagai penambah pasokan pada sistem Karimun yang selama ini kebutuhan listriknya meningkat rata rata 1.500 kw per tahun. Mesin baru ini juga menjadikan cadangan listrik sistem di Karimun meningkat, yang awalnya 2 persen menjadi 35 persen.

“Sehingga apabila ada penambahan permintaan listrik baik untuk industri, usaha bisnis, perhotelan, pariwisata dan perumahan PLN siap memenuhi kebutuhan listrik nya seperti membangun cold storage untuk menampung hasil tangkapan ikan serta mendorong investasi industri menengah seperti industri pembuatan kaleng soft drink,” ucap Dwi Suryo.

Dengan demikian, kemampuan PLN untuk menyediakan listrik di Pulau Karimun akan bertambah menjadi 35.500 kilo Watt dengan beban puncak saat ini 25.400 killo Watt.

Daya sebesar itu dapat memenuhi kebutuhan listrik warga Karimun yang selama ini dirasa pas-pasan karena keterbatasan cadangan listrik, selain itu juga untuk mengantikan mesin yang sudah tidak optimal.

Kedatangan 17 unit mesin pembangkit PLN ini disaksikan langsung oleh Gubernur Provinsi Kepaulauan Riau, Nurdin Basirun yang didampingi Bupati Karimun, Aunur Rafiq.(mita)