Camat Batam Kota “Hutang E-KTP” 17 Ribu Berkas

BATAMCLICK.COM: Camat Batam Kota Ashraf Ali, mengaku permintaan warga Batam Kota untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sangat tinggi. Ashraf mengatakan saat ini tercatat 17 ribu warga Kecamatan Batam Kota yang masuk dalam daftar antri pengurusan KTP elektronik tersebut.

“Ada sekitar 17 ribuan berkas yang masuk, belum bisa kita kerjakan, karena memang blangko E-KTP masih kosong,” jelasnya saat menjawab pertanyaan sejumlah Ketua RW di Kelurahan Belian, Kamis (28/9/2017) malam.

Dijelaskan Ashraf, pihak kecamatan Batam Kota memang pernah mendapat kuota blanko E-KTP sebanyak 6000, yang terbagi dua, kuota pertama 4000 pada bulan Maret lalu, dan kuota kedua sebanyak 200 pada Mei.

“Sudah kita cetak semua, karena memang permintaan E-KTP di Batam Kota ini tinggi, baik yang memperpanjang, pengurusan baru karena rusak, hilang atau juga pindahan dari tempat lain,” jelasnya.

Ashraf juga mengatakan saat ini masih ada ribuan warga Batam Kota yang belum mengambil KTPnya ke kantor kecamatan. “Memang pencetakan E-KTP itu berdasarkan urutan pengurusan, nah, yang jadi masalahnya saat ini, orang-orang yang ngurus pertama-tama itu sudah sulit dihubungi, teleponnya sudah banyak yang tak aktif lagi, mungkin sudah terlalu lama ya, sudah hampir setahun,” jelasnya.

Kepada masyarakat Batam Kota yang pernah mengurus perpanjangan E-KTP, Ashraf mengatakan agar mengecek ke Kecamatan Batam Kota, kemungkinan E-KTPnya sudah jadi.

“Saat ini ada sekitar 13 ribu berkas E-KTP dan KK yang sudah siap dan menumpuk di kantor Kecamatan Batam Kota, saya harap Pak RW dapat sampaikan ke warganya, barang kali ada diantara berkas itu milik mereka,” jelasnya

Sementara itu, bagi yang hingga saat ini pengurusannya belum selesai karena tidak tersedianya blanko E-KTP, Camat Batam Kota itu berharap jangan berkecil hati.

“Kondisinya memang seperti ini, saya tidak akan mempersulit warga yang membutuhkan surat legalitas untuk pembuatan paspor, pengurusan ke bank dan sebagainya, datang ke kantor camat Batam Kota, satu jam selesai,” tegasnya.

Sedangkan untuk blanko Kartu Keluarga, Ashraf mengatakan hingga saat ini masih tersedia. “Yang mau masukkan nama anaknya dalam KK, atau ada penambahan anggota keluarga lainnya, bisa, karena untuk blanko KK tidak bermasalah, persediaan ada,” tutupnya. (bosanto)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai