Mobil Jenis ini Menjajah Indonesia dan Asia

BATAMCLICK.COM: Sedikitnya, 88,1 juta kendaraan roda empat dari berbagai segmen setiap merek jatuh kepada masing-masing konsumen secara global pada 2016. Menyeluruh, angkanya naik sebesar 4,8 persen ketimbang 2015.

Melansir Motor1, pabrikan asal Jepang Toyota memimpin pasar dengan destinasi pengiriman ke 49 negara. Padahal, Volkswagen menjadi perusahaan terlaris, namun operasi dan kepopuleran masih di bawah Toyota.

Data tersebut, dikemas oleh perusahaan statistik, Regtransfers dalam bentuk infografis menarik. Mereka menunjukan mana produsen terlaris, di setiap negara yang memang mayoritasnya penggunaan mobil dapat terakses.

Toyota memimpin penjualan di sebagian besar negara Amerika Latin, Asia, dan Afrika, serta Australia dan lainnya. Sementara, pabrikan German itu VW menguasai sebagian besar pasar Eropa, sedangkan Ford adalah merek yang paling populer di Amerika Serikat, Kanada, dan Selandia Baru.

Jika melihat lebih dekat ke negara-negara di benua lama, Anda akan menemukan sebagian besar dari mereka cukup berbeda dalam hal brand. Marque penjualan tertinggi Prancis adalah Renault, penjual terbaik Spanyol adalah SEAT, Italia menyukai Fiat, dan Jerman sangat menyukai Volkswagen.

Menariknya, Dacia yang terjangkau menempati posisi teratas untuk empat negara, yaitu Romania, Bulgaria, Macedonia dan Moldova.

Fakta lain, adalah bahwa Mercedes-Benz satu-satunya produsen premium yang mengambil mahkota penjualan. Pembuat mobil Jerman itu terlaris di Turkmenistan. Untuk Wuling, adalah produk paling laku di China dan pasar Iran dikendalikan oleh Saipa Pride.

Dari pabrikan asal Asia, Korea Selatan merek terlaris di Rusia adalah Hyundai, sementara Kia berada di puncak meroket di Ukraina, Irak, Suriah, Israel, dan Panama.

Jika melirik ke Indonesia, hasilnya serupa dan termasuk ke dalam 49 negara jajahan Toyota. Kendaraan dari segmen low multi purpose vehicle (LMPV) Toyota, Avanza menjadi raja di tanah air.

Sumber: CNN Indonesia