“SAYA PANCASILA”

Layaknya sang proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Bupati Kepulauan Anambas (KAA), Abdul Haris berapi-api saat membacakan sambutan Presiden RI, Joko Widodo pada upacara peringatan Hari Pancasila, 1 Juni 2017 lalu, di halaman Kantor Bupati KKA, Tarempa.

“Saya Indonesia Saya Pancasila” adalah tema dari Hari Pancasila tahun ini. Dari petikan sambutan itu, Preseden RI Joko Widodo mengatakan bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman yang merupakan takdir dari tuhan dan tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain.

Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu-padu membentuk lndonesia. ltulah kebhinneka tunggal ika-an kita. Namun, Kebinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancamkebinekaan dan keikaan kita. Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. “Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur, dan bermartabat di mata internasional,”ungkap Haris membacakan sambutan.

Dipenghujung pembacaan pidatonya Haris mengungkapkan, Pemerintah pasti bertindaktegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia. Untuk itu, sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. “Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia,”tutup Haris.***

Narasi & Foto: Humas Pemkab Anambas

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai