Rangkaian Festival Padang Melang yang Menakjubkan

Pergelaran Festival Padang Melang akhirnya mencatatkan nama Kabupaten Kepulauan Anambas dalam buku Museum Rekor Indonesia (MURI). Kegiatan yang berlangsung dari 11-13 Mei 2017 yang dipusatkan di Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja, Anambas itu menyajikan berbagai kegiatan unik untuk menarik wisatawan lokal maupun manca negara untuk berkunjung ke Anambas.

Mulai dari pawai dan pameran budaya, berbagai macam lomba olahraga, tari topeng atau gubang dan masih banyak lagi. Namun, kegiatan yang paling ditunggu-tunggu yakni pelepasan ribuan Tukik atau anak Penyu kehabitatnya secara serentak di Pantai Padang Melang.

Berdasarkan catatan MURI, pelepasan Tukik ke laut yang dilakukan oleh Pemkab Anambas mencatat sejarah baru dengan jumlah 4.109 ekor mengalahkan rekor MURI yang sebelumnya dipegang Ambon, Maluku Tengah pada, 25 Mei 2016 lalu, jumlah tukik sebanyak 3.047 ekor.

Tentu saja, dengan peraihan rekor MURI ini sejumlah pihak termasuk Gubernur Kepri, Nurdin Basirun sangat bangga dengan Anambas dalam mempromosikan pariwisatanya. Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, dengan pencapaian ini pihaknya akan menjadikan kegiatan Festival Padang Melang ini menjadi agenda tahunan Pemkab Anambas.

“Ini sejarah bagi Anambas. Mewakili Pemerintah Daerah, saya berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan panitia yang telah mensukseskan kegiatan ini. Dan kegiatan ini, akan kita jadikan agenda rutin tahunan,” ungkap Haris.

Sementara Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengaku sangat bangga akan upaya Pemkab Anambas dalam mempromosikan pariwisatanya. “Yang pasti saya sangat bangga dengan Anambas. Apalagi sudah memecahkan rekor Muri. Kedepan, kita akan bantu Pemkab Anambas untuk menata pemukiman penduduk yang bermukim dipantai ini agar enak dipandang sehingga wisatawan betah berada disini,” ungkap Nurdin.

Sedangkan Andre Purwandono selaku Representatif MURI menuturkan, pelepasan tukik kali ini telah mengalahkan rekor yang seblumnya dipegang oleh Maluku Tengah. Ia berharap, kegiatan melestarikan penyu ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya.

“Saat pelepasan tukik di pantai Liang, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Maluku Tengah pada 25 Mei 2016 lalu, jumlah tukik sebanyak 3.047 ekor. Rekor tersebut saat ini telah diambil oleh Anambas dengan jumlah sebanyak 4.109 ekor. Bahkan, rekor ini memecahkan rekor Dunia,”kata Andre kepada awak media usai kegiatan.

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.