Ini Akibat Kalau Suka Nahan Pipis

BATAMCLICK,LIFE: Kesibukan terkadang menjadi salah satu alasan seseorang tak sempat membuang sisa metabolismenya yang berupa urin. Padahal aktivitas ini sangat penting dilakukan dalam sehari-hari.

Dilansir Boldsky, Kamis (5/1), sisa metabolisme yang tak terbuang dalam kandung kemih dapat menimbulkan bakteri. Bakteri ini akan semakin berkembang hingga mampu menyebabkan infeksi pada sejumlah area tubuh jika dilakukan berulang kali dalam jangka panjang.

Risiko pertama dari kebiasaan buruk ini dapat  berupa infeksi saluran kemih. Menahan urin dalam jumlah besar dengan periode lama bisa berpotensi menimbulkan bakteri membahayakan. Bakteri ini kemungkinan akan terus berkembang jumlahnya hingga mampu menyebabkan infeksi pada saluran dan kandung kemih.

Masalah kesehatan yang dapat dialami seseorang yang sering menahan urin juga bisa berbentuk nyeri saat buang air kecil. Demam juga dapat hadir kerika bakteri dalam urin gagal dikeluarkan. Ketika mengkonsumsi air, maka secara perlahan kandung kemih pun akan terisi.

Sementara ketika air tidak dibiarkan keluar dari tubuh dalam bentuk urin, pembengkakan kandung kemih dapat terjadi. Bahkan, ini dapat menyebabkan kanker kandung kemih juga dalam jangka waktu lama.

Sebagaimana diketahui banyak masyarakat, air dikenal dapat membantu membersihkan ginjal. Tapi ketika urin ditahan dalam waktu lama, ini justru mampu menyebabkan efek serius pada ginjal. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal dan menimbulkan rasa sakit.

Di samping itu, penyakit cystitis juga diharapkan tidak diabaikan ketika kebiasaan buruk ini tak kunjung dihentikan. Penyakit ini semacam infeksi di sekitar saluran kemih yang acap dialami sebagian besar kalangan perempuan.(*)