Mall Porak-Poranda Digoyang Gempa

SUMUT,BATAMCLICK: Sebuah rumah runtuh di desa Cimbang Kabupaten Karo dan beberapa rumah retak di desa Sinamdebi, Karo, akibat gempabumi tektonik berkekuatan 5,6 SR yang mengguncang Wilayah Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Karo provinsi Sumatera Utara,
Senin (16/1/2017) pukul 19:42:12 WIB.

Kerusakan juga terjadi di Medan yaitu kaca Mal Focal Point pecah dan berhamburan, serta langit-langit bioskop di Kawasan Ring Road Medan rusak.

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Syahnan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terjadi pada pukul 19:42:12 WIB dengan kekuatan M=5,6 dengan episenter terletak pada koordinat 3.33 LU dan 98.46 BT, tepatnya di darat pada jarak 28 kilometer pada arah Baratdaya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer.

“Peta tingkat guncangan (model shakemap) BMKG menunjukkan daerah Kabupaten Karo sekitar Sibolangit VI MMI, Medan IV-V MMI, Tebing tinggi III MMI, Pematangsiantar II MMI. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini disebabkan oleh aktivitas tektonik dari patahan aktif lokal di kabupaten Karo,” katanya, melalui stafnya Dimas Sianipar yang dishare di facebook.

Mekanisme sumber gempabumi dari hasil analisa BMKG menunjukkan gempabumi diakibatkan sesar mendatar. Struktur patahan aktif di sumber gempabumi memiliki orientasi arah baratlaut-tenggara sekitar wilayah Gunung Sibayak.

Perhitungan hiposenter berada di kedalaman 10 kilometer maka gempabumi ini disebut sebagai gempabumi dangkal, sehingga wajar jika guncangan gempabumi ini di rasakan di hampir seluruh wilayah kabupaten Karo bahkan sampai sebagian Sumatera Utara merasakannya.
Berdasarkan data seismisitas dari BMKG Balai Wilayah I pada periode tahun 1993 s.d. 2015 maka telah terjadi 14 kejadian gempabumi dangkal dan termasuk 2 kali gempabumi dirasakan pada daerah sekitar lokasi episentrum gempabumi utama (16/01) pukul 19:42:12 WIB.

Hasil monitoring selama 2 jam terakhir dari BMKG Balai Wilayah I menunjukkan ada kejadian gempabumi susulan sebanyak 11 gempabumi susulan.

Masyarakat di dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di Kab. Karo Sumatera Utara, dihimbau agar tetap tenang karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi merusak.(smp)

Batam Click

PT. Batam Click One

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.